Jumat, 06 Januari 2012

Hargailah Apa yang Dilakukan Anak-anak!

Setiap orangtua harus bisa menghargai setiap tindakan yang dilakukan anak mereka. Terlebih lagi jika sang anak berniat untuk membantu meringankan pekerjaan orangtua. Tidak ada salahnya orangtua berkata "terima kasih" kepada anaknya. Di dunia ini tidak ada aturan yang melarang orangtua untuk berkata "terima kasih" kepada anaknya. Kata-kata "terima kasih, nak" akan memberikan efek yang luar biasa terhadap psikologi sang anak. Mereka akan merasa sangat dihargai oleh orang tuanya dan mereka akan melakukan hal-hal yang lebih baik lagi. 

Memang terkadang cara yang dilakukan anak-anak untuk membantu orang tuanya "belum benar" dan belum tentu "salah". Di hati mereka yang suci, mereka memiliki niat yang mulia untuk membantu orangtuanya. Namun, kebanyakan reaksi dari orangtua tidak seperti apa yang mereka harapkan. Orangtua justru menampilkan sikap yang berbeda. Mereka malah memarahi sang anak. Hal inilah yang akan menimbulkan rasa kecewa pada diri sang anak, yang berakibat pada kemalasan/keengganan sang anak untuk membantu orangtuanya. Sebenarnya orang tua tidak perlu marah-marah kepada anaknya. Dia cukup memberitahukan cara-cara yang harus dilakukan sang anak untuk membantu orangtua, tentunya dengan kata-kata yang halus.

Kebijaksanaan orangtua akan semakin terlihat ketika dia bisa mengatakan "Terima kasih, nak. Kamu memang anak pintar." Sebuah kalimat yang akan membesarkan hati sang anak, sebuah pujian yang akan membentuk karakter sang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar